Cara Gampang Membuat Ayam dan Tempe Bacem Cepat Mudah (Tanpa Air Kelapa) dengan Pelengkap Sambal Bajak, Lezat Sekali

date: 2021-04-22T07:13:26.202Z
image: https://img-global.cpcdn.com/recipes/1b7e00801de55a9e/680x482cq70/ayam-dan-tempe-bacem-cepat-mudah-tanpa-air-kelapa-dengan-pelengkap-sambal-bajak-foto-resep-utama.jpg
thumbnail: https://img-global.cpcdn.com/recipes/1b7e00801de55a9e/680x482cq70/ayam-dan-tempe-bacem-cepat-mudah-tanpa-air-kelapa-dengan-pelengkap-sambal-bajak-foto-resep-utama.jpg
cover: https://img-global.cpcdn.com/recipes/1b7e00801de55a9e/680x482cq70/ayam-dan-tempe-bacem-cepat-mudah-tanpa-air-kelapa-dengan-pelengkap-sambal-bajak-foto-resep-utama.jpg
author: Josephine Davidson
ratingvalue: 4.5
reviewcount: 3
recipeingredient:
- "1 ekor ayam" - "1 papan tempe" - "1/2 batok gula merah" - " kulit bawang merah kupasan kulit bawang merah jangan dibuang" - "1 ruas lengkuas geprek" - "1 jempol jahe geprek" - "3 lembar daun salam" - "2 sdm ketumbar bubuk" - "secukupnya minyak" - " garam" - " Bumbu Halus" - "4 siung bawang putih" - "8 siung bawang merah" - " Sambal Bajak" - "2 siung bawang putih" - "4 siung bawang merah" - "3 buah cabe merah besar" - "1 buah tomat" - "sesuai selera cabe rawit" - "1 sdt terasi" - " gula" - " garam" - " air secukupnya untuk merebus" - " minyak secukupnya untuk menumis"
recipeinstructions:
- "Cuci bersih dan potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Potong tempe agak tebal, sisihkan" - "Kupas bawang putih dan bawang merah, namun jangan buang kupasan kulit bawang merahnya karena akan kita gunakan untuk memasak, sisihkan kulit kupasan bawang merah dan cuci hingga bersih" - "Haluskan bawang putih dan bawang merah. Setelah halus, panaskan minyak lalu tumis bawang halus, masukkan lengkuas geprek, jahe geprek, daun salam, ketumbar bubuk dan kulit bawang merah yang telah dicuci bersih" - "Masukkan ayam dan tempe, lalu tambahkan air secukupnya hingga ayam dan tempe terendam. Setelah air mendidih, tambahkan gula merah yang telah diiris tipis, dan garam secukupnya, koreksi rasa" - "Masak hingga air baceman cukup surut dan meresap ke dalam ayam dan tempe. Matikan api lalu goreng ayam dan tempe di minyak panas, ayam dan tempe bacem siap disajikan" - "Membuat sambal bajak : rebus bawang putih, bawang merah, cabe besar, tomat, cabe rawit dengan air secukupnya hingga empuk. Setelah empuk tiriskan, lalu blender rebusan dengan terasi hingga halus. Panaskan minyak, masukkan sambal yang telah halus, tumis hingga wangi, tambahkan gula dan garam, koreksi rasa hingga pas" - "Sajikan ayam tempe bacem dengan sambal bajak. Selamat mencoba"
categories:
- Resep
tags:
- ayam - dan - tempe
katakunci: ayam dan tempe
nutrition: 152 calories
recipecuisine: Indonesian
preptime: "PT38M"
cooktime: "PT42M"
recipeyield: "4"
recipecategory: Dinner

---


![Ayam dan Tempe Bacem Cepat Mudah (Tanpa Air Kelapa) dengan Pelengkap Sambal Bajak](https://img-global.cpcdn.com/recipes/1b7e00801de55a9e/680x482cq70/ayam-dan-tempe-bacem-cepat-mudah-tanpa-air-kelapa-dengan-pelengkap-sambal-bajak-foto-resep-utama.jpg)

Sedang mencari ide resep ayam dan tempe bacem cepat mudah (tanpa air kelapa) dengan pelengkap sambal bajak yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam dan tempe bacem cepat mudah (tanpa air kelapa) dengan pelengkap sambal bajak yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.



Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam dan tempe bacem cepat mudah (tanpa air kelapa) dengan pelengkap sambal bajak, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam dan tempe bacem cepat mudah (tanpa air kelapa) dengan pelengkap sambal bajak enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.


Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam dan tempe bacem cepat mudah (tanpa air kelapa) dengan pelengkap sambal bajak yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam dan Tempe Bacem Cepat Mudah (Tanpa Air Kelapa) dengan Pelengkap Sambal Bajak memakai 24 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.



##### Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam dan Tempe Bacem Cepat Mudah (Tanpa Air Kelapa) dengan Pelengkap Sambal Bajak:

1. Siapkan 1 ekor ayam 1. Sediakan 1 papan tempe 1. Siapkan 1/2 batok gula merah 1. Ambil kulit bawang merah (kupasan kulit bawang merah jangan dibuang) 1. Sediakan 1 ruas lengkuas geprek 1. Siapkan 1 jempol jahe geprek 1. Gunakan 3 lembar daun salam 1. Sediakan 2 sdm ketumbar bubuk 1. Siapkan secukupnya minyak 1. Sediakan garam 1. Ambil Bumbu Halus 1. Sediakan 4 siung bawang putih 1. Siapkan 8 siung bawang merah 1. Siapkan Sambal Bajak 1. Siapkan 2 siung bawang putih 1. Ambil 4 siung bawang merah 1. Sediakan 3 buah cabe merah besar 1. Ambil 1 buah tomat 1. Sediakan sesuai selera cabe rawit 1. Sediakan 1 sdt terasi 1. Sediakan gula 1. Gunakan garam 1. Sediakan air secukupnya untuk merebus 1. Sediakan minyak secukupnya untuk menumis





##### Cara menyiapkan Ayam dan Tempe Bacem Cepat Mudah (Tanpa Air Kelapa) dengan Pelengkap Sambal Bajak:

1. Cuci bersih dan potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Potong tempe agak tebal, sisihkan 1. Kupas bawang putih dan bawang merah, namun jangan buang kupasan kulit bawang merahnya karena akan kita gunakan untuk memasak, sisihkan kulit kupasan bawang merah dan cuci hingga bersih 1. Haluskan bawang putih dan bawang merah. Setelah halus, panaskan minyak lalu tumis bawang halus, masukkan lengkuas geprek, jahe geprek, daun salam, ketumbar bubuk dan kulit bawang merah yang telah dicuci bersih 1. Masukkan ayam dan tempe, lalu tambahkan air secukupnya hingga ayam dan tempe terendam. Setelah air mendidih, tambahkan gula merah yang telah diiris tipis, dan garam secukupnya, koreksi rasa 1. Masak hingga air baceman cukup surut dan meresap ke dalam ayam dan tempe. Matikan api lalu goreng ayam dan tempe di minyak panas, ayam dan tempe bacem siap disajikan 1. Membuat sambal bajak : rebus bawang putih, bawang merah, cabe besar, tomat, cabe rawit dengan air secukupnya hingga empuk. Setelah empuk tiriskan, lalu blender rebusan dengan terasi hingga halus. Panaskan minyak, masukkan sambal yang telah halus, tumis hingga wangi, tambahkan gula dan garam, koreksi rasa hingga pas 1. Sajikan ayam tempe bacem dengan sambal bajak. Selamat mencoba



Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam dan tempe bacem cepat mudah (tanpa air kelapa) dengan pelengkap sambal bajak yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments