Langkah Mudah untuk Membuat Sambal Tumpang, Lezat Sekali

date: 2020-12-27T07:25:21.009Z
image: https://img-global.cpcdn.com/recipes/22345dec7c680bb5/680x482cq70/sambal-tumpang-foto-resep-utama.jpg
thumbnail: https://img-global.cpcdn.com/recipes/22345dec7c680bb5/680x482cq70/sambal-tumpang-foto-resep-utama.jpg
cover: https://img-global.cpcdn.com/recipes/22345dec7c680bb5/680x482cq70/sambal-tumpang-foto-resep-utama.jpg
author: Clarence Potter
ratingvalue: 4.9
reviewcount: 5
recipeingredient:
- "1 papan tempe masem" - " Dagingtetelan bisa di ganti dengan udang rebon" - "2 buah cabai merah besar" - "15 buah cabai rawit" - "2 siung bawang putih" - "5 siung bawang merah" - "3 lembar daun jeruk" - "1 lembar daun salam" - "1 cm laos" - "1 buah santan kara" - "1 bungkus royco sapi" - "1/2 sdt Garam" - "1 sdt Gula" - " Air"
recipeinstructions:
- "Cuci bersih tempe, cabai besar, kecil, daun jeruk, daun salam, dan laos" - "Didihkan air, kemudian rebus tempe, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, dan laos hingga empuk" - "Angkat tempe beserta bahan yang sudah di rebus, kecuali daun jeruk, daun salam dan laos kemudian haluskan" - "Masukkan tempe dan bumbu yg sudah di haluskan kedalam air rebusan tadi, masak hingga mendidih" - "Masukkan udang rebon, royco, garam, gula dan santan yang sudah di campur dengan 1 gelas air, jika air terlalu sedikit bisa di tambahkan lagi, masak hingga mendidih tes rasa" - "Sambal tumpang siap disajikan dengan menyiram diatas sayuran yg di rebus,,"
categories:
- Resep
tags:
- sambal - tumpang
katakunci: sambal tumpang
nutrition: 155 calories
recipecuisine: Indonesian
preptime: "PT37M"
cooktime: "PT39M"
recipeyield: "1"
recipecategory: Dinner

---


![Sambal Tumpang](https://img-global.cpcdn.com/recipes/22345dec7c680bb5/680x482cq70/sambal-tumpang-foto-resep-utama.jpg)

Sedang mencari ide resep sambal tumpang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal tumpang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal tumpang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal tumpang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.




Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambal tumpang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal Tumpang menggunakan 14 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.



##### Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal Tumpang:

1. Sediakan 1 papan tempe masem 1. Gunakan Daging/tetelan, bisa di ganti dengan udang rebon 1. Siapkan 2 buah cabai merah besar 1. Gunakan 15 buah cabai rawit 1. Sediakan 2 siung bawang putih 1. Ambil 5 siung bawang merah 1. Gunakan 3 lembar daun jeruk 1. Ambil 1 lembar daun salam 1. Sediakan 1 cm laos 1. Siapkan 1 buah santan kara 1. Gunakan 1 bungkus royco sapi 1. Ambil 1/2 sdt Garam 1. Sediakan 1 sdt Gula 1. Gunakan Air





##### Langkah-langkah membuat Sambal Tumpang:

1. Cuci bersih tempe, cabai besar, kecil, daun jeruk, daun salam, dan laos 1. Didihkan air, kemudian rebus tempe, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, dan laos hingga empuk 1. Angkat tempe beserta bahan yang sudah di rebus, kecuali daun jeruk, daun salam dan laos kemudian haluskan 1. Masukkan tempe dan bumbu yg sudah di haluskan kedalam air rebusan tadi, masak hingga mendidih 1. Masukkan udang rebon, royco, garam, gula dan santan yang sudah di campur dengan 1 gelas air, jika air terlalu sedikit bisa di tambahkan lagi, masak hingga mendidih tes rasa 1. Sambal tumpang siap disajikan dengan menyiram diatas sayuran yg di rebus,,



Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal tumpang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments