Bagaimana Menyiapkan Sambal Raja khas Kutai Anti Gagal

date: 2021-04-13T09:21:12.889Z
image: https://img-global.cpcdn.com/recipes/8de2cc048f16e0dc/680x482cq70/sambal-raja-khas-kutai-foto-resep-utama.jpg
thumbnail: https://img-global.cpcdn.com/recipes/8de2cc048f16e0dc/680x482cq70/sambal-raja-khas-kutai-foto-resep-utama.jpg
cover: https://img-global.cpcdn.com/recipes/8de2cc048f16e0dc/680x482cq70/sambal-raja-khas-kutai-foto-resep-utama.jpg
author: Luella Yates
ratingvalue: 3.4
reviewcount: 8
recipeingredient:
- "1 buah terong" - "10 lonjor Kacang" - "10 siung Bawang merah" - " Bahan yang dihaluskan" - "10 buah Cabe rawit" - "10 buah Cabe merah besar buang bijinya" - "1 buah Terasi saya pakai ABC bungkus kecil" - "2 buah Jeruk limau saya pakai 1 buah Jeruk nipis" - "1/2 sdt Garam" - "1 sdm Gula pasir"
recipeinstructions:
- "Siapkan terong yang telah dipotong bentuk dadu, lalu potong-potong kacang panjang menjadi +/- 2 cm, dan potong-potong bawan merah menjadi 4 bagian;" - "Panaskan minyak, lalu goreng terong, kacang panjang, dan bawang merah hingga layu, sisihkan;" - "Ulek semua bahan yang dihaluskan, lalu beri air perasan jeruk. Untuk kulit jeruk jangan dibuang, karena akan diiris tipis untuk kemudian dimasukkan dalam sambal;" - "Panaskan sekitar 5 sdm minyak goreng, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi dan mengeluarkan minyak, selanjutnya masukkan gorengan terong, kacang panjang, dan bawang merah, aduk hingga merata;" - "Sebelum mematikan kompor, masukkan irisan kulit jeruk ke dalam sambal, lalu aduk kembali hingga rata, matikan kompor;" - "Sambal Raja siap disajikan sebagai pelengkap hidangan dan penggugah selera makan...Selamat mencoba dan menikmati:)"
categories:
- Resep
tags:
- sambal - raja - khas
katakunci: sambal raja khas
nutrition: 128 calories
recipecuisine: Indonesian
preptime: "PT33M"
cooktime: "PT39M"
recipeyield: "1"
recipecategory: Dessert

---


![Sambal Raja khas Kutai](https://img-global.cpcdn.com/recipes/8de2cc048f16e0dc/680x482cq70/sambal-raja-khas-kutai-foto-resep-utama.jpg)

Sedang mencari inspirasi resep sambal raja khas kutai yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal raja khas kutai yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal raja khas kutai, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal raja khas kutai enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.




Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal raja khas kutai sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal Raja khas Kutai memakai 10 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.



##### Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambal Raja khas Kutai:

1. Gunakan 1 buah terong 1. Sediakan 10 lonjor Kacang 1. Ambil 10 siung Bawang merah 1. Siapkan Bahan yang dihaluskan: 1. Gunakan 10 buah Cabe rawit 1. Gunakan 10 buah Cabe merah besar (buang bijinya) 1. Ambil 1 buah Terasi (saya pakai ABC bungkus kecil) 1. Siapkan 2 buah Jeruk limau (saya pakai 1 buah Jeruk nipis) 1. Ambil 1/2 sdt Garam 1. Siapkan 1 sdm Gula pasir





##### Langkah-langkah membuat Sambal Raja khas Kutai:

1. Siapkan terong yang telah dipotong bentuk dadu, lalu potong-potong kacang panjang menjadi +/- 2 cm, dan potong-potong bawan merah menjadi 4 bagian; Sambal Raja khas Kutai1. Panaskan minyak, lalu goreng terong, kacang panjang, dan bawang merah hingga layu, sisihkan; 1. Ulek semua bahan yang dihaluskan, lalu beri air perasan jeruk. Untuk kulit jeruk jangan dibuang, karena akan diiris tipis untuk kemudian dimasukkan dalam sambal; 1. Panaskan sekitar 5 sdm minyak goreng, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi dan mengeluarkan minyak, selanjutnya masukkan gorengan terong, kacang panjang, dan bawang merah, aduk hingga merata; 1. Sebelum mematikan kompor, masukkan irisan kulit jeruk ke dalam sambal, lalu aduk kembali hingga rata, matikan kompor; 1. Sambal Raja siap disajikan sebagai pelengkap hidangan dan penggugah selera makan...Selamat mencoba dan menikmati:)



Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Raja khas Kutai yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments