Langkah Mudah untuk Membuat Sambal Pecel Madiun Asli Tak Berminyak, Menggugah Selera

date: 2021-05-21T17:19:13.373Z
image: https://img-global.cpcdn.com/recipes/a74321c6a427e63d/680x482cq70/sambal-pecel-madiun-asli-tak-berminyak-foto-resep-utama.jpg
thumbnail: https://img-global.cpcdn.com/recipes/a74321c6a427e63d/680x482cq70/sambal-pecel-madiun-asli-tak-berminyak-foto-resep-utama.jpg
cover: https://img-global.cpcdn.com/recipes/a74321c6a427e63d/680x482cq70/sambal-pecel-madiun-asli-tak-berminyak-foto-resep-utama.jpg
author: Nora Ortiz
ratingvalue: 5
reviewcount: 4
recipeingredient:
- "250 gr kacang tanah" - "6 buah cabe merah serep asli 3 buah" - "9 cabe rawit aku skip" - "3 siung bawang putih" - "3 lbr jeruk purut" - "150 gr gula merah" - "1 ruas kencur" - "1 sdm garam" - "1 sdm gula pasir"
recipeinstructions:
- "Siapkan semua bahan, cuci daun jeruk, cabe, kencur dan bawang putih.sisir gula merah dan potong-potong cabe,kencur dan bawang" - "Sangrai semua bahan kecuali gula merah, asam Jawa,gula pasir dan garam hingga layu(dengan api kecil saja supaya matang merata)" - "Giling / Ulek semua bahan (aku digiling dengan chopper) sampai halus." - "Ini hasilnya tidak menggumpal dan kering(lebih awet jika di simpan dalam waktu lama)" - "Jika akan digunakan tinggal ambil seperlunya dan siram air panas secukupnya."
categories:
- Resep
tags:
- sambal - pecel - madiun
katakunci: sambal pecel madiun
nutrition: 141 calories
recipecuisine: Indonesian
preptime: "PT34M"
cooktime: "PT46M"
recipeyield: "3"
recipecategory: Lunch

---


![Sambal Pecel Madiun Asli Tak Berminyak](https://img-global.cpcdn.com/recipes/a74321c6a427e63d/680x482cq70/sambal-pecel-madiun-asli-tak-berminyak-foto-resep-utama.jpg)

Sedang mencari ide resep sambal pecel madiun asli tak berminyak yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal pecel madiun asli tak berminyak yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.



Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal pecel madiun asli tak berminyak, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal pecel madiun asli tak berminyak enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.


Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal pecel madiun asli tak berminyak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Pecel Madiun Asli Tak Berminyak menggunakan 9 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.



##### Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sambal Pecel Madiun Asli Tak Berminyak:

1. Sediakan 250 gr kacang tanah 1. Ambil 6 buah cabe merah (serep asli 3 buah) 1. Gunakan 9 cabe rawit (aku skip) 1. Siapkan 3 siung bawang putih 1. Ambil 3 lbr jeruk purut 1. Siapkan 150 gr gula merah 1. Gunakan 1 ruas kencur 1. Sediakan 1 sdm garam 1. Ambil 1 sdm gula pasir





##### Cara menyiapkan Sambal Pecel Madiun Asli Tak Berminyak:

1. Siapkan semua bahan, cuci daun jeruk, cabe, kencur dan bawang putih.sisir gula merah dan potong-potong cabe,kencur dan bawang 1. Sangrai semua bahan kecuali gula merah, asam Jawa,gula pasir dan garam hingga layu(dengan api kecil saja supaya matang merata) 1. Giling / Ulek semua bahan (aku digiling dengan chopper) sampai halus. 1. Ini hasilnya tidak menggumpal dan kering(lebih awet jika di simpan dalam waktu lama) 1. Jika akan digunakan tinggal ambil seperlunya dan siram air panas secukupnya.



Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Pecel Madiun Asli Tak Berminyak yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments