Bagaimana Membuat Sambal Tempong ala Bali, Bisa Manjain Lidah

date: 2021-04-27T08:41:34.329Z
image: https://img-global.cpcdn.com/recipes/f5ab633398819e0a/680x482cq70/sambal-tempong-ala-bali-foto-resep-utama.jpg
thumbnail: https://img-global.cpcdn.com/recipes/f5ab633398819e0a/680x482cq70/sambal-tempong-ala-bali-foto-resep-utama.jpg
cover: https://img-global.cpcdn.com/recipes/f5ab633398819e0a/680x482cq70/sambal-tempong-ala-bali-foto-resep-utama.jpg
author: Barry Robbins
ratingvalue: 4.8
reviewcount: 15
recipeingredient:
- "10 Cabe Rawit Merah" - "1 buah Tomat" - "1 Lembar Daun Jeruk Kecil" - "1/2 Jeruk Nipis" - " Bumbu" - "1 sdm Gula Merah" - "1 sdt Kaldu Jamur Totole" - "1/2 sdt Garam" - "1/2 terasi udang instant ABC"
recipeinstructions:
- "Bakar terasi sampe harum, lalu ulek bersama semua bahan sampai tekstur sesuai selera (karena saya malas terlalu lama jadi belum halus)" - "Koreksi rasa, peras jeruk nipis.. kalau kurang gurih tambahkan totole"
categories:
- Resep
tags:
- sambal - tempong - ala
katakunci: sambal tempong ala
nutrition: 117 calories
recipecuisine: Indonesian
preptime: "PT27M"
cooktime: "PT52M"
recipeyield: "3"
recipecategory: Lunch

---


![Sambal Tempong ala Bali](https://img-global.cpcdn.com/recipes/f5ab633398819e0a/680x482cq70/sambal-tempong-ala-bali-foto-resep-utama.jpg)

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal tempong ala bali yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal tempong ala bali yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal tempong ala bali, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sambal tempong ala bali yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Cari produk Aneka Sambal lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Nasi Tempong memang bukan makanan khas Bali melainkan asal Banyuwangi Jawa Timur.


Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambal tempong ala bali yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal Tempong ala Bali memakai 9 jenis bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.



##### Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal Tempong ala Bali:

1. Sediakan 10 Cabe Rawit Merah 1. Sediakan 1 buah Tomat 1. Siapkan 1 Lembar Daun Jeruk Kecil 1. Ambil 1/2 Jeruk Nipis 1. Gunakan Bumbu 1. Ambil 1 sdm Gula Merah 1. Ambil 1 sdt Kaldu Jamur Totole 1. Siapkan 1/2 sdt Garam 1. Siapkan 1/2 terasi udang instant ABC

Sesuai namanya, tempong yang artinya tampar, pedasnya sambal ini serasa ditampar. Gak cuma rasa pedas yang terasa di lidah, tetapi kamu juga bisa merasakan segarnya tomat dan jeruk nipis. Berikut resep dan cara membuat sambal tempong khas Banyuwangi yang bakal menggigit lidahmu. Yuk lihat juga review video berikut ini.



##### Langkah-langkah membuat Sambal Tempong ala Bali:

1. Bakar terasi sampe harum, lalu ulek bersama semua bahan sampai tekstur sesuai selera (karena saya malas terlalu lama jadi belum halus) 1. Koreksi rasa, peras jeruk nipis.. kalau kurang gurih tambahkan totole

Com Jakarta - Selain sambal matah, sambal embe juga jadi jenis sambal enak khas Bali. Cara bikinnya mudah dan rasanya pun pedas mantap. Enak buat teman makan nasi dan lauk. Sego Tempong, Sambal Lalap ala Banyuwangi Pedas Menantang. Cari produk Aneka Sambal lainnya di Tokopedia.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal Tempong ala Bali yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments