Bagaimana Membuat Sambal kacang homemade (sambal pecel) Anti Gagal

date: 2021-03-07T23:42:41.623Z
image: https://img-global.cpcdn.com/recipes/f85b13cabab0e5bf/680x482cq70/sambal-kacang-homemade-sambal-pecel-foto-resep-utama.jpg
thumbnail: https://img-global.cpcdn.com/recipes/f85b13cabab0e5bf/680x482cq70/sambal-kacang-homemade-sambal-pecel-foto-resep-utama.jpg
cover: https://img-global.cpcdn.com/recipes/f85b13cabab0e5bf/680x482cq70/sambal-kacang-homemade-sambal-pecel-foto-resep-utama.jpg
author: Manuel Ramsey
ratingvalue: 3.1
reviewcount: 13
recipeingredient:
- "250 gr kacang tanah" - "125 gr gulmer sisir boleh kurangi jd 120 gr" - "1.5 sdt garam" - "4 btr bawang putih" - "6 bh cabai merah besar" - "Sesuai selera rawit" - "1 ruas kencur bs ditambah" - "6 lembar daun jeruk buang tulang kurangi" - "1.5 sdt aer asam jawa kental"
recipeinstructions:
- "Goreng kcg tnah api kcil hhga matang kekuningan aja,nnti saat d angkat akan lbh mtg lg dg sendirinya.. Dinginkan,haluskan. (Sisihkan)" - "Sisir gulmer lalu blender/haluskan,sisihkan" - "Tumis bumbu nya hingga mtg,angkat dan haluskan" - "Campur semua nya k dalam kacang yg sdh halus,tmbahkan air asam jawa aduk rata dg tgn yg d plastiki" - "Done siap d sajikan/chiller dl d kulkas blh" - ""
categories:
- Resep
tags:
- sambal - kacang - homemade
katakunci: sambal kacang homemade
nutrition: 185 calories
recipecuisine: Indonesian
preptime: "PT20M"
cooktime: "PT30M"
recipeyield: "2"
recipecategory: Dinner

---


![Sambal kacang homemade (sambal pecel)](https://img-global.cpcdn.com/recipes/f85b13cabab0e5bf/680x482cq70/sambal-kacang-homemade-sambal-pecel-foto-resep-utama.jpg)

Sedang mencari inspirasi resep sambal kacang homemade (sambal pecel) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal kacang homemade (sambal pecel) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal kacang homemade (sambal pecel), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal kacang homemade (sambal pecel) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Meski banyak dijual sambal kacang yg siap pakai tetapi saya lebih suka membuat sendiri karena rasanya bisa disesuaikan selera. Sambal pecel merupakan sambal khas masyarakat Madiun. Rasanya yang khas kacang dan pedes ini menambah selera makan, terutama jika dimakan saat sarapan pagi dengan lauk tempe ayau dengan rempeyek.. . hmm enak.


Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal kacang homemade (sambal pecel) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal kacang homemade (sambal pecel) menggunakan 9 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.



##### Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal kacang homemade (sambal pecel):

1. Ambil 250 gr kacang tanah 1. Siapkan 125 gr gulmer sisir (boleh kurangi jd 120 gr) 1. Siapkan 1.5 sdt garam 1. Gunakan 4 btr bawang putih 1. Ambil 6 bh cabai merah besar 1. Siapkan Sesuai selera rawit 1. Sediakan 1 ruas kencur (bs ditambah) 1. Ambil 6 lembar daun jeruk buang tulang (kurangi) 1. Ambil 1.5 sdt aer asam jawa kental

Ketahui cara membuat sambal kacang yang enak dan gurih di sini. Kini sambal kacang dapat kamu nikmati bersamaan dengan berbagai lalapan sayuran seperti terong, kacang panjang, kubis, mentimun dan sebagainya. Sambal Kacang adalah sambal yang sangat sering dijumpai di berbagai jajanan dan olahan, karena sambal ini mempunyai rasa yang cocok untuk makanan apa saja. Bumbu sambal ini sering dijadikan pelengkap untuk pecel sayur, pecel lele, bahkan jadi cocolan tempe goreng.



##### Cara menyiapkan Sambal kacang homemade (sambal pecel):

1. Goreng kcg tnah api kcil hhga matang kekuningan aja,nnti saat d angkat akan lbh mtg lg dg sendirinya.. Dinginkan,haluskan. (Sisihkan) 1. Sisir gulmer lalu blender/haluskan,sisihkan 1. Tumis bumbu nya hingga mtg,angkat dan haluskan 1. Campur semua nya k dalam kacang yg sdh halus,tmbahkan air asam jawa aduk rata dg tgn yg d plastiki Sambal kacang homemade (sambal pecel)1. Done siap d sajikan/chiller dl d kulkas blh 1.

Memang bumbu pecel instan mudah didapatkan, tapi kalau ingin yang terjamin kebersihannya, lebih baik coba buat sendiri saja. BONGKAR RESEP SAMBAL PECEL LELE KACANG MEDE Assalamualaikum wr wb, Balik lagi di channe CAK PARMIN, kali ini. Sambal pecel lele merupakan salah satu makanan yang disajikan malam hari dengan harga yang terbilang cukup murah meriah. Semakin enak sambal yang dibuat, semakin nikmat pula rasa sambal pecel lele goreng Lamongan. Apa lagi jika lele gorengnya memiliki rasa yang gurih lengkap disajikan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal kacang homemade (sambal pecel) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments