Resep Sambal terong balado super mudah, Sempurna

date: 2021-01-19T03:33:46.072Z
image: https://img-global.cpcdn.com/recipes/fbef737b8fad2ad0/680x482cq70/sambal-terong-balado-super-mudah-foto-resep-utama.jpg
thumbnail: https://img-global.cpcdn.com/recipes/fbef737b8fad2ad0/680x482cq70/sambal-terong-balado-super-mudah-foto-resep-utama.jpg
cover: https://img-global.cpcdn.com/recipes/fbef737b8fad2ad0/680x482cq70/sambal-terong-balado-super-mudah-foto-resep-utama.jpg
author: Frederick Gilbert
ratingvalue: 4
reviewcount: 10
recipeingredient:
- "2 buah terong" - "3 lembar daun salam" - " Asam jawab sedikit opsional" - " Terasi sedikit opsional" - "1 sendok kecap manis" - " Bumbu halus" - "4 buah cabe merah" - "4 cabe rawit sesuai selera" - "3 siung bawang merah" - "2 siung bawang putih" - "1 buah tomat"
recipeinstructions:
- "Potong terong kecil kecil, lalu goreng hingga layu" - "Haluskan bumbu halus, tumis, masukkan daun salam, terasi, asam jawa, garam dan penyedap rasa, kecap" - "Tumis hingga menyusut dan berubah warna (harus benar benar masak) aduk dan koreksi rasa" - "Masukkan terong yang udah di goreng, aduk rata, matikan kompor dan sajikan"
categories:
- Resep
tags:
- sambal - terong - balado
katakunci: sambal terong balado
nutrition: 218 calories
recipecuisine: Indonesian
preptime: "PT36M"
cooktime: "PT43M"
recipeyield: "3"
recipecategory: Dinner

---


![Sambal terong balado super mudah](https://img-global.cpcdn.com/recipes/fbef737b8fad2ad0/680x482cq70/sambal-terong-balado-super-mudah-foto-resep-utama.jpg)

Sedang mencari inspirasi resep sambal terong balado super mudah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal terong balado super mudah yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Whenever I cook sambal terong balado, I gotta make sure there is rice around to go with it Whenever a sambal is involved, rice is mandatory! Balado is an Indonesian type of sambal originated from West Sumatra, Padang cuisine to be exact. It is basically a ground red chili stir-fried.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal terong balado super mudah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sambal terong balado super mudah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.


Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal terong balado super mudah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal terong balado super mudah menggunakan 11 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.



##### Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sambal terong balado super mudah:

1. Siapkan 2 buah terong 1. Gunakan 3 lembar daun salam 1. Sediakan Asam jawab sedikit (opsional) 1. Gunakan Terasi sedikit (opsional) 1. Gunakan 1 sendok kecap manis 1. Ambil Bumbu halus 1. Siapkan 4 buah cabe merah 1. Ambil 4 cabe rawit (sesuai selera) 1. Sediakan 3 siung bawang merah 1. Gunakan 2 siung bawang putih 1. Ambil 1 buah tomat

Balado terong biasanya dipadukan dengan teri ataupun petai. Selain enak, pembuatannya pun sangat mudah. Cara masak terong balado ini meskipun mudah tapi hasilnya sangat lezat lho. Cara masak terong balado ini umumnya sama saja, sekali Anda berhasil membuatnya, tidak akan kesulitan jika harus menambah bahan lain atau menambah variasi lain pada bumbu balado terong yang akan digunakan.



##### Langkah-langkah menyiapkan Sambal terong balado super mudah:

1. Potong terong kecil kecil, lalu goreng hingga layu 1. Haluskan bumbu halus, tumis, masukkan daun salam, terasi, asam jawa, garam dan penyedap rasa, kecap 1. Tumis hingga menyusut dan berubah warna (harus benar benar masak) aduk dan koreksi rasa 1. Masukkan terong yang udah di goreng, aduk rata, matikan kompor dan sajikan

Untuk masakan khas ini terong harus di bakar dahulu. Resep Sambal Daun Ubi Jalar Khas Solo Yang Enak Banget. Terong Balado, salah satu primadona masakan dari Ranah Minang. Teman-teman bisa menikmati sambal terong balado bersama nasi putih hangat dengan aneka lauk yang teman-teman suka. Sangat mudah bukan teman-teman cara membuatnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal terong balado super mudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments