Bagaimana Membuat SAMBAL KERING TALAS/KELADI yang Bikin Ngiler

date: 2021-03-25T02:20:06.807Z
image: https://img-global.cpcdn.com/recipes/7d3a6151e86b7447/680x482cq70/sambal-kering-talaskeladi-foto-resep-utama.jpg
thumbnail: https://img-global.cpcdn.com/recipes/7d3a6151e86b7447/680x482cq70/sambal-kering-talaskeladi-foto-resep-utama.jpg
cover: https://img-global.cpcdn.com/recipes/7d3a6151e86b7447/680x482cq70/sambal-kering-talaskeladi-foto-resep-utama.jpg
author: Alta Cohen
ratingvalue: 3.4
reviewcount: 5
recipeingredient:
- "1 Kg Talas keladi" - "2 sdk makan garam dapur" - "200 ml Minyak goreng" - " Bahan sambal haluskan diblender lebih mudah" - "8 buah Cabe merah besar keluarkan bijinya" - "5 buah tambahkan Cabe rawit jika ingin pedas" - "6 siung Bawang merah" - "4 siung Bawang putih" - "3 buah kemiri" - "50 gram Ebi rendam air hangat dan tiriskan" - "20 gram gula merah" - "1/2 sdt garam" - "1 sdt cuka masak"
recipeinstructions:
- "Kupas talas / keladi, lalu potong kecil ukuran korek api, atau diparut dengan parutan khusus, lalu cuci parutan talas / keladi untuk mengurangi getahnya, rendam dengan garam dan biarkan kurang lebih 30 menit cuci bersih dan tiriskan." - "Panaskan wajan dan minyak, masukan parutan talas/keladi sampai agak terendam, sebagian demi sebagian, goreng dengan api sedang sampai sampai berwarna agak kuning (atau minyak sudah tidak berbunyi) Angkat dan letakan diatas kertas minyak." - "Tumis bahan sambal dengan sedikit minyak goreng sampai air sambal hilang matikan api lalu masukan talas / keladi yang sudah kering, aduk aduk sampai sambal merata. Koreksi rasa dengan garam atau gula atau penyedap sesuai keinginan"
categories:
- Resep
tags:
- sambal - kering - talaskeladi
katakunci: sambal kering talaskeladi
nutrition: 127 calories
recipecuisine: Indonesian
preptime: "PT15M"
cooktime: "PT43M"
recipeyield: "2"
recipecategory: Dessert

---


![SAMBAL KERING TALAS/KELADI](https://img-global.cpcdn.com/recipes/7d3a6151e86b7447/680x482cq70/sambal-kering-talaskeladi-foto-resep-utama.jpg)

Sedang mencari inspirasi resep sambal kering talas/keladi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal kering talas/keladi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal kering talas/keladi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal kering talas/keladi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Sup talas creamy enak lainnya. Sedapnya Sambal Belacan Cili Kering ni. Setiap daripada kita pasti ada nostalgia dengan sesuatu makanan ataupun sering kita makan atau resipi yang mak kita selalu buat masa kecil-kecil dulu.


Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambal kering talas/keladi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan SAMBAL KERING TALAS/KELADI memakai 13 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.



##### Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan SAMBAL KERING TALAS/KELADI:

1. Sediakan 1 Kg Talas / keladi 1. Siapkan 2 sdk makan garam dapur 1. Ambil 200 ml Minyak goreng 1. Ambil Bahan sambal, haluskan (diblender lebih mudah) 1. Siapkan 8 buah Cabe merah besar keluarkan bijinya 1. Sediakan 5 buah tambahkan Cabe rawit jika ingin pedas 1. Ambil 6 siung Bawang merah 1. Ambil 4 siung Bawang putih 1. Gunakan 3 buah kemiri 1. Ambil 50 gram Ebi rendam air hangat dan tiriskan 1. Sediakan 20 gram gula merah 1. Siapkan 1/2 sdt garam 1. Gunakan 1 sdt cuka masak

Lalu campur-kan talas bersama bumbu yang telah di halus-kan. Di samping itu siapkan wajan kemudian tuangkan minyak goreng atau minyak sayur yang baru dan nyalakan api. Setelah minyak mulai memanas, goreng irisan talas yang telah di baluri bumbu halus sampai matang dan kering. Angkat goreng keladi tadi dan toskan minyaknya sehingga kering.



##### Cara menyiapkan SAMBAL KERING TALAS/KELADI:

1. Kupas talas / keladi, lalu potong kecil ukuran korek api, atau diparut dengan parutan khusus, lalu cuci parutan talas / keladi untuk mengurangi getahnya, rendam dengan garam dan biarkan kurang lebih 30 menit cuci bersih dan tiriskan. 1. Panaskan wajan dan minyak, masukan parutan talas/keladi sampai agak terendam, sebagian demi sebagian, goreng dengan api sedang sampai sampai berwarna agak kuning (atau minyak sudah tidak berbunyi) Angkat dan letakan diatas kertas minyak. 1. Tumis bahan sambal dengan sedikit minyak goreng sampai air sambal hilang matikan api lalu masukan talas / keladi yang sudah kering, aduk aduk sampai sambal merata. Koreksi rasa dengan garam atau gula atau penyedap sesuai keinginan

Sediakan sambal kicap untuk bahan pencecah ketika makan goreng keladi. Sambal kicap memang banyak cara untuk membuatnya tetapi saya mempunyai resepi yang saya rasa paling lazat. Adalah Martince atau akrab disebut Mama Tien yang menjajakan keladi tumbuk. Baca juga: Makanan Papua Dijual di Sarinah Sampai Pertengahan Desember, Yuk Cicip. Tidak hanya daun keringnya yang banyak diminati sebagai pengganti tembakau tanpa nikotin.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal kering talas/keladi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments